TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG DAKU (DIARY MANTAN SANTRI BERKACAMATA YANG DIKIRA PANDAI)
Selasa, 25 Desember 2012

First Story in STAND UP COMEDY

Gue tau Stand Up Comedy dari salah satu temen gue yang gak mau disebutkan namanya. Mungkin dia ngerasa namanya bakal gue masukin daftar korban pencabulan om-om.

Temen gue bilang..

“dit..kamu itu lucu..kenapa gak ikut Stand Up Comedy aja..”


Gue jadi terpesona saat dia bilang kalo gue lucu. Lucu darimananya..?? Garing kali..

Banyak juga temen gue yang bilang gue lucu, tapi tu gak menjamin lo bisa Stand Up Comedy sob..butuh kecerdasan untuk itu, gak asal njeplak kayak sendal jepit. Ada aturan-aturan dalam ber-Stand Up Comedy..untuk hal ini udah gue jelasin di postingan sebelumnya About Stand Up Comedy..


Dari awal gue ngerasa komedi jenis ini termasuk komedi yang baru berkembang. Gue coba browsing di Om Google..ternyata jenis komedi ini udah lama banget,
Stand up Comedy pada awalnya berkembang di Eropa dan Amerika pada abad ke-18 (1801 - 1900) atau abad ke-19 (1901-2000).

Berarti saat-saat itu Indonesia sedang dalam keadaan dijajah.


Seiring berjalannya waktu komunitas-komunitas Stand Up Comedy mulai muncul dan menyebar keseluruh dunia termasuk di Indonesia.
Di Indonesia sendiri muncul nama-nama  seperti Butet Kertaradjasa, Pepeng, Sholeh Solihun, Panji Pragiwaksono, Raditya Dika, dan lain-lain. Mereka lah yang memulai eksis nya dunia Stand Up Comedy di Indonesia.

By the way..gue mulai mencoba Stand Up Comedy di radio Zenith Salatiga di acara “Comedy On the Air”. Pertama gue coba daftar lewat SMS yang tujuannya ke radio..gue coba tunggu dan masih belom ada balesan. Ada 2 kemungkinan..kemungkinan pertama gue di kacangin, dan kemungkinan kedua kembali kemungkinan yang pertama.


DIKACANGIN

Gue sempet putus asa. Tapi gue inget kata nenek gue “jangan putus asa”..3 kata penuh arti.


Disaat gue lupa akan hal itu gue dapet SMS dari nomor tak dikenal..kurang lebih isinya begini.


Hai Adityo..
kami dari tim “Comedy On the Air”
silakan besok datang ke Radio Zenith untuk recording  Comedy On the Air.


*
dalem hati*  anjroott..kenapa baru sekarang balesnya..udah 3 minggu gak dibales-bales.

Ya udah..besok nya gue ke Radio Zenith untuk recording.


Disana gue ketemu Manager Radio Zenith mas Rizal Ghozali dan gue dianter ke tempat recording. Sebelumnya udah gue siapin materi Stand Up Comedy. Tapi belom banyak yang gue tau tentang Stand Up Comedy..walhasil materi gue masih acak adut gak karuan.

Selese record gue pulang. Harap-harap cemas, karna belom tentu materi gue disiarin. Gue kasih tau juga..jadi gak semua orang yang recording Comedy On the Air bakal disiarin, setelah recording masih ada tahap selanjutnya yaitu penyeleksian.


Semenjak itu gue jadi sering dengerin radio Zenith. Bakal disiarin ato gak.

Menunggu beberapa hari.


Beberapa Minggu terlampaui.

1 bulan.


Masih belom disiarin.

Berarti materi gue NYAMPAH.


Sampe suatu saat pas gue dengerin Radio Zenith..akan ada lomba “XL TUNJUKKAN BAKATMU” di Salatiga. Lomba itu untuk yang berbakat..boleh nyanyi, dance, band, sulap, Stand Up Comedy, dll.

Wah..itu kesempatan gue buat nyobain panggung Stand Up Comedy. Pengalaman nyampah record Comedy On the Air gak bakal menyurutkan niat gue ikutan lomba itu. Dengan modal nekat gue dateng ke radio Zenith untuk pendaftaran..cukup 10rb saja uang pendaftaran dapet : kartu perdana XL + Sertifikat.


Waktu tinggal seminggu buat gue untuk persiapan lomba. Gue kasih tau Mas Rizal kalo gue ikutan lomba dan beliau bersedia buat ngajarin gue Stand Up Comedy. Sebenernya bukan ngajarin sih, lebih tepatnya dibilang sharing.

Selain itu gue juga share ke temen-temen tentang materi-materi gue..lucu ato gak, ato malah garing. Temen gue ada bilang lucu dan sebagian lagi gak ngerti apa yang gue omongin. Tapi gue yakin kalo pasti menang.


Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba.

Tepat pukul 10:00 WIB gue ke tempat lomba di depan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa UKSW (outdoor)..gue ambil nomor urut peserta lomba dan gue berada di urutan nomor 19. lama amat. Gue tetep sabar..karna orang yang sabar itu bakal disayang Tuhan.


Singkat cerita.

Perform Stand up Comedy perdana gue ini lumayan banyak yang ketawa. Paling banyak dari kalangan bapak-bapak / tukang becak. Gue takut kalo habis turun dari panggung bapak-bapak tadi ngajakin gue kencan..oh my God. Gue gak homo dan gak suka yang berkumis..GELII..!!!


Selese perform ada mas-mas yang nyamperin gue dan bilang.

“dari Stand Up Comedy Salatiga ya?”


Gue malah gak tau kalo ada komunitas Stand Up Comedy Salatiga. Setau gue yang ada cuma komunitas bencong yang tongkrongannya di pos ronda deket rumah gue.
Karna penasaran ya gue tanya aja..

“emang ada ya komunitas Stand Up Comedy di Salatiga”

“Ada, basecampnya di Frame Coffe..kesana aja kalo hari selasa, temen-temen pada ngumpul”


Belom sempet tanya lebih jauh mas-mas tadi langsung pergi gitu aja sambil bilang “bentar ya..”

Gue jadi semakin penasaran sama komunitas Stand Up Comedy Salatiga. Frame coffe ada di daerah mana gue gak tau. Dan mas-mas misterius tadi udah pergi.


Bagi gue..dia (Mas-mas misterius) ibarat Malaikat Jibril yang turun ngasih kabar. Waktu dia ngasih kabar badan gue jadi panas dingin, gemeteran, mau muntah..ternyata gue masuk angin. Mungkin terlalu banyak makan angin..

Pengumuman perlombaan diumumkan hari itu juga..dari kurang lebih 30 peserta hanya diambil 3 orang pemenang.


Pemenang ketiga disebut..bukan gue.

Pemenang kedua..bukan gue juga.*Gue yakin kalo gue juaranya*


Dan juaranya adalaah..bukan gue.

Perasaan ini seperti tersambar petir, seperti layangan yang tersangkut di tiang listrik, seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Gue udah usaha dengan semaksimal mungkin tapi gagal. Apa gue emang hak cocok untuk jadi COMIC. *sedikit dramatis dan gue juga bingung apa yang gue omongin barusan*


Gue sadar..mungkin ini belom saatnya untuk menjadi juara. So, gue gak mau putus asa..

Gue inget kata-kata Bill Gates seorang penemu microsoft yang mengatakan bahwa..


“merayakan kesuksesan itu baik; namun mempelajari kegagalan itu lebih penting”


Yang gak tau siapa Bill Gates bisa buka
ini.

Dari kata Bill Gates gue bisa ambil kesimpulan..belajar dari sebuah kegagalan itu penting, karna tanpa kegagalan, kesuksesan pun takkan berarti. Dan kalaupun langsung mendapatkan kesuksesan tanpa kegagalan lebih dulu, gue jamin nanti kalo saatnya jatuh maka akan terasa sakitnya.


Seperti itu lah kesimpulan gue..bisa dimaklumi kalo kurang tepat karna gue sendiri sebenernya juga nggak ngerti apa yang gue omongin barusan. #Mikir

Buku Sidu juga mengatakan, “Experience is the best teacher”.. dari kegagalan itu gue jadi punya semangat baru untuk terus mengembangkan Stand Up Comedy.


Akhirnya gue coba tanya ke temen-temen tentang keberadaan komunitas Stand Up Comedy Salatiga yang sampe akhirnya gue kembali dipertemukan sosok Mas Rizal..beliaulah yang menyarankan buka twitter @StandUpSALATIGA
Dengan proses yang cepat akhirnya saat ini gue bergabung dikomunitas Stand Up Comedy Salatiga.

Artikel Terkait

4 komentar:

Anonim mengatakan...

keren abiss,abiss kerennya (kata mongol :D hehe Nice job bro,Look forward....

Unknown mengatakan...

hahha...thank's sob :D

writer mengatakan...

Asyik nya bsa stand up comedy...

salam kenal sobat
berikan komentar terbaik mu dalam blog sastra dan desain logo ku
di sini

http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

Unknown mengatakan...

sama-sama sob..ini juga masih pemula..hehhe :D
salam kenal juga..

Posting Komentar

Jangan lupa komen ye gan...

 
; !--Page Navigation Starts-->