TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG DAKU (DIARY MANTAN SANTRI BERKACAMATA YANG DIKIRA PANDAI)
Sabtu, 01 Desember 2012

This Is My Life

"Someone surely will get hidayah of God”

Suatu saat, seseorang pasti akan mendapatkan hidayah dari Tuhan Yang Maha Pengasih. Dan mungkin salah satunya adalah gue. Dari TK sampe kelas 3 SD gue di sekolah Kristen, sedangkan gue beragama ISLAM tulen. Entah apa yang ada di pikiran orang tua gue yang pasti itu yang terbaik.

Temen sekelas gue yang beragama Islam cuma 2 bocah, gue dan satu bocah cewek, namanya Wulan. Gue gak begitu deket sama dia jadi gue gak tau banyak tentang dia. Tapi denger-denger Wulan ini lagi deket sama kakak kelas gue, mereka pernah jajan di kantin bareng, ngobrol dengan mesranya sambil meraba-raba gelas masing-masing. Yup, gue cuma sok tau.


Di sana gue punya banyak temen, yang masih gue inget sampe sekarang adalah Catur dan Ananta. Mereka temen baik gue. Ada juga temen cewek yang katanya paling cantik sekelas dan sempat menjadi calon korban asmara gue saat itu. Banyak yang suka dia, termasuk gue, tapi sungguh pecundangnya gue karna gak berani bilang suka sama dia. Mungkin gue masih terlalu dini untuk mencintai. Masih belom tau sunat itu apa udah sok macarin anak orang.

Seperti yang gue tulis di awal tadi, gue sekolah di TK dan SD yang berlatar-belakang sekolah non-Muslim, sedangkan gue Muslim. Papah dan Mamah gue beragama Islam (di KTP). Jujur,
Papah dan Mamah juga jarang Sholat, paling cuma sekali, itu juga di hari raya Idul Fitri (untuk puasa atau gak gue kurang tau). Hal itu juga yang membuat gue semakin jauh dengan agama asli gue, Islam.

Selama di sekolah yang notabene gak sesuai dengan agama yang kami anut, gue lebih memahami agama Kristen ketimbang agama gue sendiri, Islam. Bahkan gue gak tau siapa Tuhan gue, yaitu Allah SWT, yang gue tau saat itu Bapa Yesus. Gue selalu mengikuti kegiatan sekolahan yang berkaitan dengan ibadah keagamaan, seperti ke Gereja. Dan gue juga sempat hafal lagu-lagu yang biasa dinyanyiin di Gereja. Tapi bukan berarti gue paham tentang agama Kristen, gue juga masih bingung dan gak ngerti, gue cuma ngikutin aja. Secara gue juga masih bocah umbelen, masih gak tau malu lari-larian didepan rumah gak pake kolor. Yah, sekitar umur 4-5 tahun, yang semua itu gue jalani gak pake mikir.

Masuk kelas 1 SD gue mulai belajar ngaji, gue gak tau apa yang melatar belakangi orang tua gue buat nyari guru ngaji. Pak Qodim, ya, beliau guru ngaji gue. Pak Qodim ngajarin gue ngaji bener-bener ekstra sabar. Gue gak pernah mau kalo ngaji belom naikin pundak pak Qodim (maen kuda-kudaan). Dan kadang juga kalo ngaji di bawah kolong meja. Tanpa kesabaran dari Pak Qodim, beliau gak mungkin betah ngajar gue yang banyak tingkah ini belajar ngaji.


Dan mulai a
wal kenaikan kelas 2 SD gue tertarik buat mondok atau bisa dibilang masuk PESANTREN. Saat itu gue cuma asal ngomong, sama sekali gue belom tau apa itu pesantren. Orang tua gue menganggap itu cuma guyon atau becandaan. Engga, gue serius. Sampe akhirnya orang tua gue meng-iya-kan gue masuk pesantren dan mulailah cari-cari pesantren mana yang gue mau.

Sebelumnya, banyak dari keluarga gue, bude, om, mbah, dan lainnya. Mereka semua melarang orang tua gue kalo gue mau masuk pesantren. Dan alasan mereka, “Adit itu masih kecil, masa’ udah tinggal jauh dari orang tua”, ada juga yang bilang “anak pesantren nanti mau jadi apa, paling banter jadi guru ngaji”. Gue nyesek dengernya. Seandainya gue bisa protes saat itu, gue mau bilang kalo anak pesantren engga cuma bisa ngaji, mereka punya kreatifitas yang tinggi.


Akhirnya, selesai muter-muter cari pondok pesantren, pilihan gue tertuju pada Ma’had Al-Muqoddasah yang bertempat di Ponorogo. Perjalanan dari Salatiga ke Ponorogo sekitar 4 jam. Pertama kali gue dinobatkan sebagai santri Al-Muqoddasah tepat pada tanggal 1 Januari 2002. Ya, tepat pada tahun baru 2002, awal tahun dengan pesta petasan. Gue orangnya penakut, megang petasan gue engga berani, paling banter megang kembang api, itu juga gue tutup telinga. Gue tau ini bego’ banget.

Gue diterima di kelas 3 SD. Jujur, pengetahuan tentang agama gue rendah banget, secara gue pindahan dari sekolah Kristen. Pernah gue dites ama temen-temen gue tentang Nabi.


“dit..kamu tau gak Nabi yang terakhir siapa?"

“hmm..siapa ya??” *berpikir keras* “Nabi Adam ya??” *ngasal*


Dengan songongnya temen gue bilang “bukan.. Nabi Adam itu yang pertama. Kalo Nabi yang terakhir namanya Nabi Muhammad SAW”

“oohh..” *cengok*


Sungguh.. Gue malu..

Dari yang dulunya gue sama sekali NOL pengetahuan tentang agama dan baca Al-Qur’an. Gue jadi sedikit tau tentang agama Islam. Alhamdulillah. *sujud syukur*.

Yup, Cerita diatas yang menjadi latar belakang gue masuk pesantren. Dunia pesantren mengubah gue pribadi dan orang tua untuk lebih dekat kepada Sang Pencipta. Al-Muqoddasah merupakan saksi bisu bagi perjalanan kisah hidup gue. Seburuk apapun ceritamu di awal, itu gak menentukan akan jadi siapa dirimu. Satu-satunya hal yang terpenting adalah kamu memilih jadi apa sekarang.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komen ye gan...

 
; !--Page Navigation Starts-->