TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG DAKU (DIARY MANTAN SANTRI BERKACAMATA YANG DIKIRA PANDAI)
Sabtu, 01 Desember 2012

About Stand Up Comedy




Pada dasarnya Stand Up Comedy adalah salah satu cara melawak dengan bicara sediri didepan orang banyak. Dan orang yang melakukan Stand Up Comedy dapat disebut juga “COMIC”.

Dibutuhkan beberapa materi dalam Stand Up Comedy. Dan untuk mendapatkan sebuah materi paling efektif adalah diambil dari kegelisahan personal. Berikut ada tiga macam untuk mendapatkan bahan komedi. Pertama : inner self (dari dalam diri pribadi), kedua : outer self (dari luar pribadi), ketiga : the world within (dari lingkungan sekitar).

Kita harus memahami struktur paling dasar dalam sebuah joke atau lelucon yang akan kita angkat atau bicarakan. Yaitu PREMIS, SET-UP dan PUNCHLINE. Ini sangatlah peting.

Lalu, apa tuh premis, set-up, dan punchline..?? 

Premis = konsep umum yang terkandung dalam sebuah joke (konsep abstrak).
Set-up
= bagian yang tidak lucu dari sebuah joke.
Punchline = bagian yang lucu.

Kenapa bisa lucu? Karna Punchline-lah yang membenturkan atau bisa juga membelokkan konsep dari set-up tadi. Semakin belok atau semakin berbenturan, maka akan semakin keras pula ketawa dari penonton.

Sebenernya premis dan punchline itu merupakan dua hal yang berbeda. Premis merupakan landasan yang ingin disampaikan. Dan set-up menghantarkan kepada punchline.

Misal : Sepertinya Indonesia harus banyak berbenah, khususnya MUI. Untuk menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan wanita harus ikut andil. Karna merekalah yang paling tau masalah DATANG BULAN.

Kalo di deskripsikan satu per satu begini... 

“sepertinya Indonesia harus banyak berbenah, khususnya MUI” Premis.
“Untuk menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan wanita harus ikut andil” Set-up.
“Karna merekalah yang paling tau masalah DATANG BULAN”  Punchline.

Tapi perlu diperhatikan juga sob. Apabila terlalu keras benturannya bisa jadi malah GAK KENA bahkan jauh dari set-up. Kan gak enak banget tuh kalo gak ada yang ketawa.

Catatan : Benturan disini pada esensinya tetap setia atau masih dalam satu kompleks dengan set-up sebelumnya.

“Stand Up Comedy it’s very personal art”

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komen ye gan...

 
; !--Page Navigation Starts-->