TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG DAKU (DIARY MANTAN SANTRI BERKACAMATA YANG DIKIRA PANDAI)
Senin, 24 Februari 2014

SIAP MENTAL MENGHADAPI UN



UN (Ujian Nasional) SMA satu tahun yang lalu masih membekas dalam pikiran. Gue salah satu murid yang paling gak bisa mapel hitungan. Niat dulu mau masuk IPS biar engga ada hitungan ternyata masih ada aja. Saat itu gue takut banget kalo engga lulus UN, karna gue udah terlalu tua untuk di SMA, secara umur gue saat itu 19 tahun yang rata-rata temen gue berumur 17 tahun, dan gue adalah salah satu kandidat siswa tertua di SMA.

Semakin mendekati UN, banyak siswa yang mulai engga percaya diri dalam menghadapi UN. Kondisi psikologis siswa beda-beda, siswa yang kondisi psikisnya baik engga mengalami kecemasan atau ketakutan dalam menghadapi UN. Begitu juga sebaliknya.


Bahkan bagi siswa yang cerdas, pinter dalam berbagai pelajaran merasa pesimis, mencari bocoran soal, membeli kunci jawaban, menerima kunci jawaban dari pihak yang engga bertanggungjawab. Lain lagi siswa yang kurang cerdas, mereka justru engga tau dan pasrah dalam keadaan tertekan, bayang-bayang kegagalan dalam ujian menghantui, pikiran kacau.
Kondisi psikologis siswa seperti ini penting untuk mendapatkan pelayanan agar dapat sukses dalam UN.

Beli kunci jawaban bukan solusi yang tepat untuk lulus UN. Dengan membeli kunci jawaban kita udah engga percaya dengan diri kita sendiri kalo kita mampu.
Potensi kita tidak terbatas, jadi jangan dibatasi. Perasaan takut gagal UN justru seharusnya menjadi motivasi untuk terus belajar. Boleh takut, tapi jangan sampai rasa takut menguasai diri kita.

Maka, dengan seperti itu sangat penting motivasi yang harus diberikan kepada peserta UN. Jika dibiarkan, siswa bisa saja akan mengalami stres. Hal ini Bimbingan Konseling yang dilakukan oleh konselor akan sangat membantu mengembangkan kekuatan pada diri siswa untuk mampu mendobrak dan keluar dari lingkaran setan serta memerdekaan dirinya dari rasa cemas dan takut menghadapi UN.

Beberapa hal yang bisa gue simpulkan untuk mempersiapkan diri terhadap UN :

1.   Hilangkan rasa cemas dan takut menghadapi UN
2.   Meningkatkan rasa percaya diri terhadap keberhasilan
3.   Meningkatkan konsentrasi belajar
4.   Mengembangkan disiplin dan mengelola waktu
5.   Meningkatkan produktivitas belajar
6.   Tingkatkan motivasi diri untuk berhasil
7.   Bersikap positif terhadap Ujian Nasional, dan
8.   Berusaha, berdoa, lalu serahkan pada Tuhan.

“Kendalikan rasa takut menghadapi UN dengan tetap berpikir positif. Think do be positive!” Jono (bukan nama sebenarnya), muka 25, ternyata masih 17, pelajar dan penjaga warnet, pernah beranten 5 kali kalah 1 kali (ini dia yang minta ditulis semua)

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komen ye gan...

 
; !--Page Navigation Starts-->