TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG DAKU (DIARY MANTAN SANTRI BERKACAMATA YANG DIKIRA PANDAI)
Sabtu, 22 Februari 2014

MAHAKARYA TUHAN

Happy Sunday..

Ini tulisan lama yang belom di posting karna memang belom selesai dan gue males mau nulis. Dan sekarang udah selesai. Happy reading.

Candi Borobudur

Sumber : Google
Beda dengan Candi Gedong Songo, beda juga Candi Borobudur. Candi yang pernah masuk salah satu dari tujuh Keajaiban Dunia ini menyimpan banyak sejarah. Destination kita selanjutnya adalah Candi Borobudur. Udah beberapa kali gue kesana dan baru kali ini yang gue dapet bukan cuma menikmati bebatuan doang, tapi juga ketenangan hati. This is Masterpieces of God.

Masih bersama Rangga, temen trip gue. Kita ke Candi Borobudur hari Minggu, 15 Desember 2013. Sebelumnya, hari Sabtu kita udah memulai perjalanan ke Magelang, jadi kita nginep di rumah kakek gue karna memang jarak dari rumah ke Candi Borobudur engga terlalu jauh. Selain itu kita engga perlu nginep di Hotel, bukan engga mau tapi budget lagi kurang mendukung, secara anak kost jadi harus ngirit. Biaya nginep di Hotel bisa buat makan sebulan plus pulsa dan bayar loundry, belom tagihan utang lainnya.


Sampe di Candi Borobudur kita dipakein slendang, hukumnya sunah pake slendang, dan slendang ini gratis, tapi gak boleh dibawa pulang. Lagian kalo gue bawa pulang paling cuma buat gombal atau lap kotor.


Ini dia penampakan Candi Borobudur pake kamera HP.


Borobudur lagi rame
Katanya, Candi Borobudur punya mitos yang paling terkenal dengan sebutan Kunto Bimo, yaitu arca dalam stupa yang bisa mengabulkan permintaan. Dan menurut cerita, kalo kita berhasil menyentuh bagian tertentu dari arca tersebut sambil meminta permohonan, maka keinginan kita terkabul. Bagian yang disentuh adalah posisi tangan atau mudra untuk cowok, dan telapak kaki untuk cewek.

Memang banyak yang nyoba masukin tangan ke dalam stupa, termasuk gue. Bukan pengen meminta permohonan, gue cuma penasaran..apa arca-arca di dalem stupa gak masuk angin karna mereka bertahun-tahun engga pernah pake baju, dan posisi duduk dengan bersila yang pasti kaki kesemutan kalo terlalu lama.

Gue tanya, “Ca.. Elo baik-baik aja kan?”.


“Baik kang, itu jempol gue jangan dipencet kenceng-kenceng..”, kata Arca yang gak gue kenal.

“Oh iya, sori kang..”


Yup, cukup absurd.


Selesai mengelilingi Candi Borobudur kita istirahat sebentar sambil liatin bule-bule bersama guide yang jelasin asal mula Borobudur dan sebagainya. Sepertinya untuk bisa jadi guide selain bisa berbahasa asing juga harus tau banget sejarah tempat tersebut.


Dan gue sadar kalo gue mustahil jadi guide, tanggal jadian sama pacar aja gue sering lupa, apalagi kalo pacar tanya, “kamu inget gak dulu pas bla bla bla........”, gue slalu jawab, “emang dulu ngapain??”. Tapi jadi guide itu enak. Keren. Kita juga bisa belajar kebudayaan bangsa asing sekalian promosi kebudayaan bangsa Indonesia.

Cape liatin bule dengan guide, kita mengunjugi GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia). Di sana kita bisa liat banyak barang-barang unik, ada buku terbesar di Indonesia, baju terbesar, orang terpendek, lukisan-lukisan, dan masih banyak lagi.


Ini GUSBI (Galeri Unik dan Seni Indonesia)

 Gue dan lukisan abstak. Keren.
Setelah dari GUSBI kita naik ke bukit Dagi yang masih berada di kompleks Candi Borobudur. Jalanan naik yang gak begitu melelahkan dan suasana puncak bukit Dagi yang sejuk, tenang, dengan dikelilingi pohon pinus. Awesome. Mungkin lain kali gue mending ke pucak bukit Dagi daripada keliling Candi.

Ini puncak Bukit Dagi

Ini Rangga lagi berpose ala penari India

Penampakan puncak bukit Dagi
Kita juga nemu ada satu papan kecil yang bertuliskan kalimat yang sangat menginspirasi. Look at this.

Papan inspirator
“Relief ini menggambarkan hukum sebab akibat dan gambaran manusia yang masih terikat oleh nafsu duniawi”.

Relief yang dimaksud yang mana gue juga kurang tau. Tapi gue bisa mengambil kesimpulan dari kata-kata di atas.. Setiap apa yang kita lakukan memiliki hukum sebab dan akibat. Dengan kata lain, kita akan mendapatkan dari apa yang kita lakukan. So, lakukan yang terbaik dan tetap sesuai ajaran agama yang dianut, maka kita juga mendapatkan yang terbaik. Do the best and action!

Harga tiket masuk Candi Borobudur :

  1. Umum Wisatawan Nusantara (umur 6 tahun keatas) - Rp. 30.000
  2. Anak-anak Wisatawan Nusantara (umur di bawah 6 tahun) - Rp. 12.500
  3. Wisatawan Nusantara rombongan pelajar atau mahasiswa - RP. 12.500
  4. Umum Wisatawan Mancanegara (umur 6 tahun keatas) - Rp. 190.000
  5. Anak-anak Wisatawan Mancanegara (umur di bawah 6 tahun) - Rp. 95.000

Artikel Terkait

1 komentar:

Unknown mengatakan...

keren dit, ni blog travelling ya? lanjutin ee, siapa tahu ane bisa nyari referensi trip dari blogmu, hehe....

Posting Komentar

Jangan lupa komen ye gan...

 
; !--Page Navigation Starts-->