TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG DAKU (DIARY MANTAN SANTRI BERKACAMATA YANG DIKIRA PANDAI)
Senin, 26 Agustus 2013

Resensi Buku

Judul buku : The Power Of Reading, Menggali Kekuatan Membaca untuk Melejitkan Potensi Diri
Penulis : Ngainun Naim

Penerbit : Aura Pustaka Yogyakarta
Cetakan Ke- : Pertama
Tahun Terbit : 2013
Jumlah Halaman : 199 Halaman
ISBN : 978-602-9969-42-9

The Power Of Reading

Ayat yang pertama kali diturunkan oleh Allah dalam Al-Qur’an adalah berisi perintah membaca. Jika urutan pertama itu menggambarkan  sebagai sesuatu yang amat  penting, maka membaca adalah merupakan bagian dari ajaran Islam yang harus  mendapatkan perhatian seksama. Apalagi pada kenyataannya, kemampuan membaca selalu  merupakan pintu meraih sukses. Siapapun yang  berhasil dalam  berbagai lapangan kehidupan ini,  ternyata diwali dari kemampuannya  membaca keadaaan secara benar dan tepat.


Membaca merupakan cara yang paling efektif untuk menjawab rasa keingintahuan dan juga dapat memperluas cakrawala. Membaca juga memberikan kemungkinan yang lebih luas untuk membuka katup-katup imajinasi dan ide-ide segar yang terus mengalir. Melalui buku “The Power Of Reading, Menggali Kekuatan Membaca untuk Melejitkan Potensi Diri” karya Ngainun Naim ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan memberikan pemaparan tentang pentingnya membaca bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Bukan hanya sebatas harapan, tetapi bagaimana membaca dapat tumbuh menjadi budaya yang mengakar kuat.


Dilihat dari buku ini, mulai dari bab 1 dan 2 hanya merupakan pengantar umum dengan mengulas makna membaca dan bagaimana menumbuhkan minat membaca. Materi yang disajikan dalam bab 3 berkaitan tentang dampak negatif membaca yang menjelaskan pentingnya memilih bahan bacaan secara selektif. Bab 4 dalam buku ini memaparkan teknik membaca yang baik agar mencapai hasil yang maksimal. Bab 5 berisi bagaimana menangkap makna dan meraih prestasi dalam suatu aktivitas membaca,
tidak begitu banyak yang dibahas dalam bab ini namun cukup meyakinkan kita bahwa membaca adalah sesuatu yang indah dan menyenangkan sehingga timbul motivasi serta semangat untuk membaca.

Keunggulan dari buku “The Power Of Reading, Menggali Kekuatan Membaca untuk Melejitkan Potensi Diri” adalah adanya ilustrasi pendukung berupa cerita yang membantu pembaca memahami penjelasan yang diberikan. Sistematik, materi disusun secara teratur mulai dari konsep pemahaman hingga metode-metode dalam membaca. Bahasa yang digunakan juga ringkas, padat, dan tidak berbelit-belit sehingga pembaca tidak kesulitan dalam memahami maknanya. Dalam hal ini pembaca akan lebih mudah mengerti dan membuat banyak orang lebih tertarik untuk membaca.
Namun, dari sekian banyak keunggulan buku ini terdapat sisi kekurangan berupa desain cover yang kurang menarik dan berwarna dasar hitam, sedangkan mayoritas masyarakat pada umumnya melihat dari cover sebelum membelinya. Alangkah baiknya desain cover full colour dan berwarna cerah.

Sebagai peresensi berdasarkan dari keunggulan dan kelemahan.
Kekurangan yang ada dari buku ini tidak sebanding dengan apa manfaat yang dapat Anda peroleh. Pembahasan yang bersifat gamblang membuat buku ini layak untuk dibaca. Lebih dari itu, buku ini memiliki makna dan manfaat yang sangat penting, sebuah bacaan yang dapat meningkatkan kapasitas intelektual dan kepribadian Anda. Jika dalam menjalani kehidupan Anda (mungkin) terasa membosankan, hanya mengerjakan rutinitas yang itu-itu saja, sepertinya sudah saatnya Anda membaca buku ini. Sebuah buku yang patut dibaca. Sangat inspiratif dan sangat sayang untuk dilewatkan. Happy Reading..!!


“Membacalah yang mampu membuat seseorang keluar dari tempurung pengetahuan yang kerdil. Lewat membaca, seseorang mampu menjelajah selaksa wilayah luas tak bertepi” (Ngainun Naim)

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komen ye gan...

 
; !--Page Navigation Starts-->