TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG DAKU (DIARY MANTAN SANTRI BERKACAMATA YANG DIKIRA PANDAI)
Jumat, 22 Maret 2013

Sisi Lain Santri I

Kebanyakan yang orang tau. Santri adalah sosok pelajar yang ahli ibadah, berkelakuan baik, pinter ngaji, etc. Dan disini gue ingin berbagi atau lebih tepatnya mengulas tentang sisi lain dari kebiasaan seorang Santri.

Jreng..jreng..


Kurang lebih 10 tahun gue di Pesantren. Hidup di Pesantren merupakan pengalaman yang gak akan pernah gue lupain. Banyak sekali sensasi yang mungkin gak pernah dialami orang lain atau bahkan hanya Santri-lah yang mengalami.

Salah satunya.. Gak sedikit dari para santri yang males jama’ah sholat di masjid dan alasannya simpel, gak punya sendal.

Nah.. itulah yang membedakan antara santri dan pelajar biasa. Santri punya kebiasaan minjem sendal tanpa ijin atau istilahnya “ghosob”, setelah dipake dan ketauan baru ijin.. Misal :


*Jono dan Joni ketemu dijalan*

Jono : “ehh..ternyata kamu yang pake sendalku...??!!?!”


Joni : “sorii.. pinjem ya..” *nyengir*

Jono : “ya udah..tapi ntar balikin”


Joni : “Insya Allah” “lah kamu pake sendal siapa??”

Jono : “gak tau..”


Yap.. Ibarat dalam pelajaran Biologi adalah sebuah rantai makanan yang berarti peristiwa ghosob dan mengghosob. Si A ghosob sandal si B trus si B ghosob punya si C lalu si C ghosob punya si A dan sandal si C hangus gara-gara dijadiin bahan bakar buat masak Mie Instan.

Untuk makan Mie Instan seorang Santri punya banyak cara, yaitu diremuk, direndam air panas atau dingin selama beberapa menit, atau yang lebih keren dimasak. Tapi cara masaknya beda.


Santri emang punya banyak akal. Seperti peribahasa “Tak ada rotan akar pun jadi”. Gak ada kompor, gak ada panci, gayung dan sendal pun jadi. Bahan-bahan itu dipake buat masak Mie Instan. Jadi awalnya siapin dulu tempat buat masak dan setelah siap bakar sandal dan taruh ditempat masak tadi lalu diatasnya ditaruh gayung yang berisi air, masukkan Mie Instan..dst. Ikuti cara pemakaian yang ada dibungkus Mie Instan.

Kenapa pake gayung yang berbahan plastik kok gak kebakar?? karna ada air..ketika gayung yang berisi air dibakar, air menyerap panas dari plastik, air terus menyerap panas sehingga air terasa panas sedangkan gayung tidak terbakar. Itulah Ilmu Sains yang diterapkan para santri. #Cerdas


Selain karna gak ada sandal, males atau ngantuk juga menjadi salah satu faktor santri males jama’ah di Masjid dan ini juga membutuhkan tempat persembunyian yang strategis. Menurut survey dari temen-temen gue juga pengalaman gue sendiri, tempat bersembunyi yang paling favorit adalah di dalem almari, dengan syarat almari harus lebih besar dari badan kamu atau kamu yang lebih kecil dari almari..sama aja..

Jama’ah sholat Subuh, itulah yang biasanya banyak santri masih ngantuk dan akhirnya gak ikut jama’ah di Masjid dan melanjutkan tidurnya. Seperti yang pernah gue alami, saat itu gue mumpet di dalem almari temen gue dalam keadaan almari terkunci, dan sebelumnya gue bilang ama temen gue..


“tolong kunciin, nanti setelah kamu selesai sholat tolong dibuka.. Jangan lupa..!!”.

Gebleknya temen gue lupa, dan parahnya gue juga kebelet pipis, yang ada gue gak jadi tidur dalam almari, tapi gue bingung harus kencing dimana, mending kalo di almarinya ada toilet atau paling gak, ada botol yang bisa menampung semetara kencing gue. Gue cuma bisa pasrah dengan keadaan, selama kurang lebih 2 jam gue didalem almari sambil menahan kencing alhasil gue kena penyakit kencing batu. Oh shit..!!


Masalah tidur, Santri jagonya.. santri bisa tidur dalam posisi apapun dan dimanapun. Selain di dalem almari tempat persembunyian Santri untuk melanjutkan tidur yaitu di toilet. Gue pernah melakukan ini tapi gue gak betah karna secara toilet khusus cowok baunya pesing. Kenapa mesti toilet cowok itu lebih jorok daripada toilet cewek..

Beda dengan temen gue yang tetap bisa bertahan tidur di toilet. Gak kebayang kalo temen gue ini terbiasa tidur toilet akhirnya sampe gak mau tidur di kamar, mau nginep di hotel yang dicari bukan kamar yang bagus tapi toiletnya yang bagus. Kalo mau pesen kamar percakapannya juga gak keren..


“disini ada kamar VIP dengan fasilitas mewah..."

“saya gak suka tidur dikamar..saya lebih suka tidur di toilet.. Ada toilet VIP mbak??”


Entah apa ada yang salah dari pernapasan temen gue ini. Eniwei.. hidup di Pesantren banyak mengajarkan gue tentang arti kesederhanaan dan kebersamaan. Yup.. Kesederhanaan dengan tetap apa adanya dan bukan adanya apa, jauh dari kesan kemewahan bahkan layak. Kebersamaan yang menjunjung tinggi solidaritas antar teman. #Yeahh

Artikel Terkait

4 komentar:

Anonim mengatakan...

rebua mi dg panci plastik berbahaya bagi kesehatan

Unknown mengatakan...

Klo di tempat ane dulu pakek sendok 2 trus di iket pakek gosok gigi di isolasi di colok ma kabel jadi deh pemanas buatan sendiri buat masak mie

Unknown mengatakan...

1 lagi tempat persembunyian ane dulu selain almari di atas genteng gan, sama di belakang almari juga bisa. Atau di atas jemuran. Klo masih ketahuan ada tempat 1 lagi di belakang aula

Unknown mengatakan...

Anang Henry : Haha.. Di manapun tempat bisa jadi persembunyian. :D

Posting Komentar

Jangan lupa komen ye gan...

 
; !--Page Navigation Starts-->